Senin, 01 Desember 2014

NEGARA AUSTRIA



“NEGARA AUSTRIA”

A.                Sejarah Negara Austria
Republik Austria (bahasa jerman: Republik Österreich) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jermann dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna. Austria terkenal dengan music klasiknya. Negara ini dahulu kala jauh lebih besar dan merupakan bagian dari kekaisaran Austria-Hongaria. Austria adalah Negara dengan system demokrasi representative parlementer yang terdiri dari Sembilan Negara bagian federal, dan menjadi salah satu dari dua Negara Eropa yang mendeklarasikan kenetralannya. Austria adalah Negara anggota PBB (sejak 1955) dan UniEropa (sejak 1995).
Wilayah Austria yang padamulanya dikenal sebagai Kerajaan Norikum yang dipimpin oleh salah satu puakKelt, dan merupakan sekutu lama Romawi. Wilayah ini Augustus dan dijadikan Propinsi Norikum pada tahun 16 SM. Kemudian berturut-turut Austria ditaklukan oleh Hun, Lombardia, Ostrogoth, Bavaria, dan Franka. Akhirnya setelah diperintah selama 48 tahun oleh Hongaria (dari tahun 907 hingga 955), wilayah inti Austria dianugrahkan kepada Leopold dari Babenberg pada tahun 976.Setelah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi Suci, Babenberg mengambil alih pemerintahan dari abad ke-10 hingga abad ke-13.Setelah Pangeran Frederick II meninggal pada tahun 1246 dan tidak memiliki penerus, Rudolf  I dari Wangsa Habsburg membagikan tanahnya kepada anak-anak lelakinya dan seorang putrinya yang bernama Davie eranth untuk mengawali masa pemerintahanWangsa Habsburg sampai awal abad ke-20.
Selepas kejatuhan Kekaisaran Romawi Suci pada 1806, terbentuklah Kekaisaran  Austria. Setelah berlangsung persaingan dengan Kerajaan Prusia untuk mendominasi kerajaan-kerajaan bangsa Jerman selepas Perang Napoleon, terbentuklah dwimonarki

Kekaisaran Austria-Hongaria pada 1867.Kekaisaran ini terpecah belah menjadi banyak Negara selepas keruntuhan Kekuatan Tengah pada Perang Dunia I, salah satunya adalah Republik Austria sebagai awal dari negara Austria modern. Pada 1918, Austria menjadi sebuah Negara republic sampai tahun 1934 saat Engelbert Dollfuss mewujudkan system dictator. Austria dicaplok oleh Jerman di bawah rezim Nazi pada 1938. Selepas kekalahan Jerman pada Perang Dunia II, pihak Sekutu mengambil-alih administrasi Austria.Pada tahun 1955 Austria dibebaskan dan menjadi sebuah Negara republik yang merdeka dengan syarat Austria mesti bersifat netral. Meskipun demikian, dalam perkembangannya Austria semakin condong kepada kekuatan Barat. Selepas kejatuhan komunisme di Eropa Timur pada tahun 1989, Austria menjadi semakin aktif dalam urusan Eropa dan pada 1995 Austria bergabung dengan UniEropa dan mengadopsi Euro (menggantikan Schilling Austria) menjadi mata uang Austria pada 1999.
Sebagai republic Austria dibagi menjadi Sembilan Negara bagian (di Austria disebut Negara Bagian Austria|Bundesländ/er). Negara bagian ini kemudian dibagi lagi menjadi distrik (Bezirk) dan kota (Stadt). Selanjutnya pada tingkat lebih rendah dibagi menjadi Gemeinde.


Negara Bagian                                                            Ibukota
1.                  Burgenland                                         Eisentadt
2.                  Karintia                                               Klagenfurt
3.                  Austia bawah                                      St. polten
4.                  Austia atas                                          Linz
5.                  Salzburg                                              Salzburg
6.                  Stiria                                                    Graz
7.                  Tirol                                                     Innsbruck
8.                  Vorarlberg                                           Bregenz
9.                  Wina                                                    Wina

B.                 Geografis Negara Austria
Bagian barat dan selatan Austria terletak di Pegunungan Alpen menjadikannya destinasi menarik untuk olah raga musim dingin. Gunung yang tertinggi di Austria ialah Grossglockner setinggi 3.798 m dari permukaan laut dan diikuti dengan Wildspitze (3.774 m). Bagian utara dan timur kebanyakkan kawasan berbukau. Iklim Austria bersifat sederhana dan dingin (temperate climate).
Kota 2.357
Luas 83.870 km²
Jumlah penduduk 8.290.000 penduduk (2008) Bagan
Kepadatan Penduduk 98,8 /km²
Panjang garis pantai Negara terkurung daratan
Harapan Hidup 80,4 Tahun (2010)
tahun rata-rata sekolah 9,8 Tahun (2010)
Indeks Pembangunan Manusia 0,851 (2010)
Mata Uang Euro
Produk domestik bruto 365 Miliar US$ (2008) Bagan perubahan Tahunan: 2,4 % 43.978 US$ per kapita
Produk domestik bruto (PDP) 323 Miliar US$ (2008) Bagan 39.002 US$ per kapita
Pengangguran 4,3 % tenaga kerja (2008) Bagan
Inflasi 1,7 % (2008) Bagan

Peringkat kredit
  • Standard & Poor's: AA+ (Negatif, 20 Februari 2012)
  • Fitch: AAA (Stabil, 21 November 2011)
  • Moody's: Aaa (Negatif, 13 Februari 2012)
  • Dagong: AA+ (Stabil, 20 Oktober 2010)

C.                Iklim di Negara Austria
Kehidupan di Austria adalah mirip kehidupan di Eropa Barat lainnya. Dengan iklim kontinentalnya, Austria memiliki 4 musim, dengan suhu di musim dingin (Desember-Maret) sekitar -20°C dan musim panas (Juni-September) mencapai 40°C.
Sebagian besar kota di Austria ada di dataran rendah. Wina terletak di tepi sungai Donau pada ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Kota yang terletak di atas pegunungan Alpen adalah Innsbruck, pada ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, dan udaranya relatif lebih dingin.
Karena faktor iklim ini, pengunjung di Austria dianjurkan untuk mempersiapkan pakaian yang sesuai. Di Indonesia, pakaian musim dingin bisa didapat di department store yang menjual pakaian untuk ekspor .
Masyarakat Austria adalah masyarakat Eropa dengan gaya hidup liberal dan sekuler yang cukup berbeda dengan pola masyarakat yang banyak dikenal di Indonesia. Persiapan mental untuk menghadapi kehidupan di tengah masyarakat Austria adalah sangat perlu, agar di satu sisi bisa menempatkan diri, dan di sisi lain bisa menyaring hal-hal yang pantas untuk ditiru.





D.                Perekonomian Di Austria
Ekonomi Austria-Hongaria berubah cepat selama hampir beberapa dekade  ini, perubahan yang memiliki potensi besar dalam industrialisasi dan urbanisasi mempunyai Sumber Daya Alam yang signifikan, termasuk tanah yang subur dan bagus.

Kinerja sektor di Austria sangat bagus dibandingkan dengan wilayah eropa lainya, tanah yang baik dan iklim yang cocok untuk sektor-sektor berikut :
Sektor Pertanian :
·         Sayur-sayuran seperti sawi,kacang-kacangan, dan col
·         Tumbuh-tumbuhan seperti Jagung, Obat herbal
·         Bunga
·         Buah-buahan
Sektor Peternakan :
·         Ayam, Domba, sapi dan buaya
Sektor Pertambangan :
·         Baja, timah, Mutiara
Sektor Keuangan dan Asuransi :

·         Transportasi

Sistem transportasi umum di Austria merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Di kota-kota selain Wina, ada bus kota yang menuju bandara. Di Wina, dari bandar udara menuju kota bisa menggunakan kereta komuter (Schnellbahn / S-Bahn), bus bandara atau taksi. S-Bahn termasuk dalam jaringan transportasi umum dan paling murah. Tiket transportasi umum ini sudah terintegrasi, sehingga satu tiket berlaku untuk satu zone (seluruh Wina adalah satu zone, ke bandara dua zone). Tiket ini tetap berlaku bila kita ganti kendaraan umum, baik S-Bahn, kereta bawah tanah (U-Bahn), trem (Straßenbahn) maupun buskota (Stadt-Omnibus).
Tiap kota memiliki sistem tarif tersendiri untuk angkutan umum, namun secara garis besar tarif ini menguntungkan bagi pemakai yang menggunakan angkutan umum secara teratur, karena ada tiket untuk setahun (Jahresnetzkarte), sebulan (Monatskarte), seminggu (Wochenkarte), 72 jam, 24 jam, 1 hari, dan yang paling mahal adalah tiket sekali jalan (Einzelfahrschein). Tiket ini bisa dibeli di loket-loket penjualan dari perusahaan angkutan (Verkehrsbetriebe), TABAK, mesin penjual tiket otomatis di halte atau stasion, atau di dalam bus/trem. Yang terakhir ini biasanya paling mahal.
Di Wina dikenal tiket reduksi bernama "tiket siang" (Nachmittagskarte) yang mulai berlaku setelah pukul 13 dan untuk hari Sabtu/libur sepanjang hari. Tiket ini bisa diperoleh oleh mahasiswa di bawah 27 tahun - termasuk mahasiswa asing. Dengan bekal foto serta tanda terdaftar di universitas (Inskriptionschein), permohonan bisa dilakukan di
Wienerverkehrsbetriebe,
stasion U3 Erdberg.
Di Wina, antara tengah malam hingga dini hari tetap ada angkutan umum (City Night Line) dengan "tarif malam".
Di beberapa kota seperti Wina, tiket tidak lagi diperiksa oleh sopir / kondektur, melainkan setiap penumpang sudah harus tahu bahwa dia harus memiliki tiket yang sah. Untuk mengatasi penumpang liar (Schwarzfahrer), perusahaan angkutan sekali-sekali melakukan razia penumpang liar. Bila tertangkap naik kendaraan umum tanpa tiket yang sah, dendanya lebih mahal dari harga tiket sebulan.
Untuk menuju kota lain yang cukup jauh (misalnya Wina-Innsbruck) yang paling baik adalah menggunakan kereta. Di sini juga terdapat banyak alternatif sehingga perjalanan bisa lebih murah, misalnya perjalanan akhir pekan, perjalanan rombongan, menggunakan kartu diskon (Umweltpaß) dan sebagainya. Petugas informasi di stasion kereta akan dengan senang hati memberi tahu pilihan yang paling baik bagi kita.
Bila belum mendapat kepastian penginapan, atau misalnya datang pada hari tutup kantor, seseorang bisa menitipkan barang-barangnya dulu di bandara atau stasion sementara dia jalan dulu ("survey") mencari penginapan. Di bandara atau stasion selalu terdapat tempat penitipan ataupun locker (Schließfächer).

·         Bank

Berhubungan dengan bank sudah akan dilakukan begitu tiba di Austria, karena seseorang pasti perlu menukarkan uang guna memperolah mata uang Schilling Austria (disingkat ÖS atau ATS). Mata uang Schilling jarang ditemui di Indonesia. Di Austria mudah sekali menukar devisa, baik dari US-Dollar, DM, Francs-Perancis atau Lira Italia di hampir semua bank.
Dalam kehidupan sehari-hari di Austria, bank bisa membantu membuat praktis banyak hal, misalnya
  • Untuk melakukan pembayaran rutin tiap bulan yang nilainya sama (misal sewa kamar, langganan koran), kita bisa membuat Dauerauftrag. Bila nilai pembayaran berubah, maka kita harus pula merubah perjanjian dengan bank.
  • Untuk melakukan pembayaran rutin yang nilainya bisa berbeda (misal tagihan telepon) secara otomatis, kita bisa membuat Abbuchungsauftrag. Dalam hal ini, penerima yang akan menentukan berapa yang akan diambil dari rekening kita, dan selanjutnya yang bersangkutan memiliki waktu 20 hari untuk merubah bila mana perlu.
Dengan demikian kita tak perlu lagi hilang waktu untuk menyelesaikan berbagai tagihan itu. Tentu saja untuk itu kita terlebih dulu harus membuka rekening tabungan (Konto) di bank. Untuk itu kita cukup membawa paspor. Untuk yang sudah terdaftar sebagai pelajar/mahasiswa, akan lebih baik membuka Konto pelajar (Studentenkonto), karena biayanya jauh lebih rendah dan kadang ada hadiahnya berupa alat-alat studi. Yang perlu diingat, bila anda sementara jarang menggunakan jasa bank, janganlah buru-buru menutup Konto anda, karena setiap penutupan tabungan akan dibebani biaya (sekitar ÖS 100). Bila yang bersangkutan sudah menjadi pemegang Konto selama waktu tertentu (biasanya 6 bulan), dan bank menilai konduite keuangan yang baik, yang bersangkutan bisa meminta buku cek, kartu Bankomat (ATM) yang berlaku di seluruh Eropa atau bahkan kartu kredit yang berlaku di seluruh dunia.
Untuk pengiriman uang ke luar negeri (lebih-lebih ke Indonesia), paling murah adalah dengan menggunakan poswesel (Auslandspost-anweisung) melalui kantorpos. Sampai uang diterima kira-kira perlu waktu sekitar sebulan Untuk mengirim sebesar ÖS 5000 (US$ 500) biayanya kira-kira ÖS 50,-. Sementara itu pengiriman uang lewat bank ke Indonesia, selain memerlukan waktu yang lebih lama (bisa 60 hari !) - karena ketiadaan mitra- juga biayanya jauh lebih mahal (bisa 5%-10% dari volume pengiriman).
Setiap kantor pos juga melayani pembukaan tabungan pos (PSK-Konto), bahkan punya beberapa keuntungan di banding bank:
  • kantorpos ada di mana-mana, bahkan di desa terpencil di atas Alpen.
  • pembayaran rekening dan laporan konto bisa dilakukan lewat pos, gratis.
Di kota-kota besar selalu terdapat kantor pos besar (Hauptpostamt) yang memiliki loket 24 jam sepanjang tahun, termasuk di hari libur.

·         Asuransi

Setiap orang yang berada di Austria wajib dilindungi oleh suatu asuransi yang akan menanggungnya bila sakit atau kecelakaan (Kranken & Unfallversicherung). Tanpa asuransi, biaya pengobatan di Austria akan terasa amat tinggi (sebagai gambaran, biaya sekali kunjungan ke dokter adalah 300 Schilling; operasi gigi sekitar 10.000 Schilling dan rawat-menginap adalah 5000 Schilling/hari!). Turis dan mereka yang akan memulai belajar di Austria bisa membeli asuransi perjalanan selama masa tinggalnya di Austria. Hal ini merupakan syarat yang harus dipenuhi ketika mengajukan permohonan visa. Orang asing yang akan menetap beberapa lama di Austria, bisa mendaftar ke Gebietskrankenkasse (GKK) sebagai pemegang polis pribadi, meskipun masing-masing perusahaan asuransi menawarkan berbagai fasilitas dengan tingkat harga yang berbeda-beda. Dibandingkan asuransi swasta, asuransi pada GKK memiliki keuntungan:
  • cukup satu asuransi untuk seluruh keluarga (istri dan anak)
  • menjamin semua kasus (termasuk gigi dan melahirkan), namun untuk beberapa hal (misal memasang gigi palsu) pasien menanggung biaya 50%.
  • kita tak dibebani biaya lagi (pada asuransi swasta: 20%); untuk obat kita hanya membayar biaya resep (sekitar 35-60 Schilling per resep, tergantung obatnya).
Premi asuransi GKK saat ini berkisar antara 448,8 - 3200 Schilling - tergantung besar penghasilan. Mahasiswa yang belum melampui masa studi minimum plus 4 semester bisa membayar premi minimum, dan separo akan dibayar negara (224 Schilling / bulan).
Asuransi ini juga berlaku bila kita berlibur ke luar negeri. Untuk negara-negara EU sudah berlaku suatu perjanjian. Kita bisa mendapatkan asuransi wisata (Urlaubkrankenschein) di kantor GKK. Untuk negara yang belum punya perjanjian, kita harus membayar lebih dulu dan rekeningnya nanti minta diganti GKK, namun GKK hanya akan mengganti maksimum sebesar bila hal yang sama dilakukan di Austria.
Selain itu ada beberapa bentuk asuransi yang akan kita jumpai:
Pada pembukaan Studentenkonto, ada beberapa bank yang memberi bonus "asuransi tanggung jawab" (Haftplichtversicherung). Asuransi ini adalah bentuk jaminan yang akan dibayarkan kepada korban, bila kita tanpa kesengajaan menyebabkan kerugian. Misalnya bila pada saat main ski tanpa sengaja kita menabrak seseorang, dan orang itu harus dirawat di rumah sakit, maka asuransi kitalah yang akan membayarnya. Bentuk asuransi bonus dari bank ini biasanya tidak meliputi mengemudi kendaraan bermotor, atau olahraga profesi.

Dalam iuran ÖH yang harus dibayar tiap semester untuk pendaftaran (Inskription), setiap mahasiswa juga memperoleh asuransi Haftpflicht & Unfallversicherung, namun hanya berlaku selama mengikuti kegiatan akademis yang diadakan sekolah (praktikum, ekskursi).
Tapi meskipun sudah memiliki asuransi, usahakan jangan sakit. Lebih baik membayar asuransi, dan tetap sehat.



Refensi :
Good, David. The Economic Rise of the Habsburg Empire.
Murphy, R. P. 2010. Lesson for the Young Economist. Alabama: Ludwig von Mises Institute.
Singh, Manoj. 2011. “Austrian School of economics”. Investopedia.

Tidak ada komentar: